Tanamkan Jiwa Kepramukaan Sejak Usia Dini

Pagi itu, Alun-alun Sidoarjo dipenuhi oleh anak-anak kecil berseragam kaos warna coklat muda dengan bergambar hasduk didepannya dan bercelana coklat tua seperti seragam pramuka dan yang lebih padat lagi mereka pastinya diantar oleh orang tua masing-masing dan para guru pembimbingnya, yah…. pada hari Sabtu tanggal 12 Agustus 2017 mulai pukul 07.00 Wib telah digelar Jambore Pra Siaga Forlegis yaitu kegiatan yang diikuti oleh para peserta yang berasal dari Pendidikan Anak Udia Dini ( PAUD ) se Kabupaten Sidoarjo.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Kwarcab Sidoarjo, Kak Nur Ahmad Syaifuddin, SH. yang juga menjabat Wakil Bupati Sidoarjo. Sebelum dilaksanakan upacara pembukaan terlebih dahulu dilaksakaan pawai peserta, pawai ini disamping diikuti oleh seluruh adik-adik Pramuka Pra Siaga juga tak ketinggalan para orang tua pun mengikuti dalam barisan kontingen masing-masing dengan nuansa yang penuh semangat dan riang gembira.

Jambore Pramuka Pra Siaga Forlegis ini diikuti oleh peserta dari 9 kecamatan dengan jumlah peserta didik sebanyak 1819 termasuk para orang tuanya ditambah dengan para pendidik dan dimeriahkan oleh pramuka siaga serta regu semaphore total sekitar 2000 anak. Selama bergiat para peserta dibekali dengan bendera semaphore walaupun juga berukuran mini, mereka diajari para pramuka penggalang dari Gudep SMPN 2 Buduran dan SDN Pucang 2 Sidoarjo, yaitu dipandu dengan senam semaphore yang menampilkan huruf-huruf semaphore dan ditirukan oleh seluruh peserta pramuka pra siaga tersebut.

Disampaikan oleh Ketua Pelaksana, Kak Siti Khotim, S.Pd dalam laporannya, bahwa kegiatan Jambore Pramuka Pra Siaga Forlegis ini bertujuan untuk menanamkan jiwa Kepramukaan sejak usia dini dan juga terjalinnya tali silaturraahim dan ukhuwah islamiyah antar lembaga PAUD se Kabupaten Sidoarjo. Dalam sambutannya Ka Kwarcab menyampaikan saat ini waktunya untuk para orang tua wali murid agar bersinergi dengan pihak lembaga pendidikan / sekolah, sehingga harapan dari para orang tua dan sekolah bisa dipadukan untuk mengantar para anak didik menjadi siswa yang berprestasi dan tercapai apa yang dicita-citakan. Hadir pada acara ini para Waka dan  Andalan Kwarcab Sidoarjo, Kabid PNFI pada Dinas Dikbud Kab Sidoarjo, Ketua Forlegis Ibu Hj. Siti Nurroikha, S.Pd beserta jajarannya, Ketua Kwarran Sidoarjo, beberapa Ka Mabigus. (khotim)