Tandai Perdamaian Bupati Lepas Burung Merpati

 

Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke 56, yang lahir pada tanggal 14 Agustus 1961 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo menggelar Apel Besar Hari Pramuka yang pelaksanaannya tepat waktu, Bupati Sidoarjo selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka Mabicab) bertindak sebagai Pembina upacara dengan para petugas apel yang berasal dari adik-adik penggalang. Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya untuk petugas upacara kali ini adalah hasil lomba Tata Laksana Upacara meliputi pemimpin upacara, pembaca Pembukaan UUD 1945 dan Dharma Pramuka termasuk pembawa acara dan doa, jadi mereka yang bertugas adalah para juara 1 masing-masing lomba baik putra maupun putri.

Untuk para undangan Apel besar ini diantaranya, para anggota Mabicab yakni anggota Forkopimda, anggota DPRD, Sekda berikut Asisten Sekda, Komandan Kesatuan TNI/Polri para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni para Kepala Dinas, para Kabag dan Pimpinan Dinas Vertikal serta para Camat selaku Ka Mabiran dan Ka Kwarran tak ketinggalan jajaran Pengurus Kwarcab meliputi para Wakil Ketua dan Andalan berikut para Pelatih, Pembina Pramuka.

Pada saat bersamaan Ka Kwarcab Sidoarjo menerima Penghargaan di Apel Hari Pramuka tingkat Jawa Timur yang dilaksanakan di halaman gedung Grahadi Surabaya, penghargaan ini merupakan prestasi yang diraih oleh Kwartir Cabang Sidoarjo dalam rangka pelaksanaan kegiatan Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka Tahun 2017, yaitu Kwarcab Sidoarjo sebagai salah satu penyelnggara dari 11 Kabupaten / Kota yang ditunjuk, dari 11 tempat ini Kabupaten Sidoarjo dinilai oleh Kwarda sebagai Penyelenggara Terbaik yaitu pada zona 11 terkait penyelenggaraan kegiatan kampong Kelir dimaksud. Perlu disampaikan bahwa Kwarcab Sidoarjo telah menyelenggarakan Kampung Kelir ini pada tanggal 8 s/d 11 Juni 2017 yang bertempat di Desa Tambak Cemandi kecamatan Sedati.

Diakhir pelaksaan Apel Besar Hari Pramuka, Bupati Sidoarjo sebagai Pembina Upacara telah menyampaikan trophy kejuaraan secara simbolis pada lomba peringatan Hari Pramuka tahun ini, diantaranya wisata budaya pramuka siaga, jambore pramuka pra siaga / forlegis, lomba tata laksana upacara, lomba penggalang beraksi, lomba penegak kreasi yang membuat bentuk udang dan bandeng dari tongkat dan tali peserta lomba.

Setelah itu Pembina Upacara menyaksikan penampilan gelar semaphore kreatif yang dimainkan oleh anggota pramuka golongan penggalang sebanyak 130 anak dari pangkalan SMPN 1 Krembung, merekan tampil atraktif, gemilang dan penuh semangat.

Apel Besar diakhiri dengan pelepasan burung merpati dan balon udara, pelepasan ini dilakukan oleh Pembina apel juga anggota Mabicab, Ketua DPRD, pimpinan OPD, camat dan para Ka Kwarran, jumlah merpati yang dilepas ini adalah sejumlah 56 yang merupakan peringatan Hari Pramuka yang ke-56, dan juga burung merpati ini merupakan simbol perdamaian dunia yang telah ditipkan PBB kepada Gerakan Kepanduan Sedunia termasuk ke Gerakan Pramuka Indonesia. Disamping itupula bahwa pelepasan burung merpati merupakan bentuk kepedulian anggota pramuka terhadap kelestarian lingkungan demi tertatanya keseimbangan alam, demikian disampaikan Kak Kusdianto, SH. selaku Ketua Bidang Upacara.(dex)